8 Tips Uan 2008

8 Tips Hadapi UAN 2008 Kirim halaman ini kepada rekan Anda via E 8 TIPS UAN 2008 Kirim halaman ini kepada rekan Anda via E 8 TIPS UAN 2008 Kirim halaman ini kepada rekan Anda via E 8 TIPS UAN 2008
Ditulis oleh http://ilmuwan.wordpress.com
Selasa, 05 Pebruari 2008

Berikut ini merupakan 8 tips yang sekiranya sanggup dipertimbangkan sebagai upaya persiapan dalam menghadapi UAN 2008.

Kirim halaman ini kepada rekan Anda via E 8 TIPS UAN 2008

Un

Hadapilah ujian dengan damai dan proporsional
Hadapilah ujian ini dengan perilaku yang damai dan proporsional bahwa ujian sebagai sesuatu yang harus dihadapi, dilalui. Sikap damai akan memungkinkan kita menyusun planning memilih taktik dan menjalaninya dengan senang.

Bersikaplah proaktif
Proaktif ialah suatu perilaku yang beranggapan bahwa kita sendirilah yang memilih keberhasilan dan kegagalan dalam hidup ini, termasuk dalam menghadapi UAN. Yakinlah bahwa kerja keras dan usaha keras yang kita lakukan akan membuahkan hasil. Dalam menyikapi standar minimal 4,01, justru yang terbaik ialah kita sendiri menciptakan patokan standar nilai minimal. Misalnya, menargetkan 6,01 atau 7,01 sehingga yang muncul ialah tantangan bukan beban.

Buatlah rencana
Menghadapi ujian sanggup diibaratkan sebagai perjalanan menuju sukses. Sebagaimana perjalanan sukses, sudah sepatutnya kita menciptakan perencanaan. Dari sekian banyak materi pelajaran yang harus dipelajari dipilah-pilah antara materi UAN dari sentra dengan materi ujian dari sekolah. Antara materi kelas satu, kelas dua, dan kelas tiga, pelajaran hitungan dan hafalan, sehingga sanggup dipelajari dengan teratur dan sistematis. Model berguru semacam itu sanggup meringankan dan lebih mengefektifkan cara kerja otak. Salah satu aturan otak yaitu sanggup bekerja maksimal dengan cara teratur dan sistematis.

Perbanyaklah baca dan latihan soal
Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh forum bimbingan berguru ialah para siswa banyak berlatih memecahkan soal-soal dengan cepat. Kita dihadapkan pada soal-soal yang harus dijawab dan dipecahkan dengan tepat. Dengan sering kita berlatih maka kita terbiasa dan terlatih, sehingga tidak cemas atau grogi dalam menghadapi soal (ujian).

Belajar kelompok
Belajar kelompok merupakan salah satu cara yang sanggup digunakan para siswa untuk membuatkan dengan teman yang lain dalam memecahkan soal dan saling menguatkan motivasi berguru dan prestasi. Para siswa daripada banyak bermain dan membuang-buang waktu dengan percuma, manfaatkanlah dengan cara berguru berkelompok dengan teman di sekolah atau di sekitar kawasan tinggal kita.