Cara Pengisian Kolom Kompetensi Di Dapodik 2017

Seperti yang kita ketahui bersama, di Aplikasi Dapodikdas tahun 2017 terdapat beberapa Pembaharuan – pembaharuan Seperti misalnya adanya kolom Kompetensi di data rinci PTK. alasannya ialah gres pertama kali dimunculkan, niscaya kita akan mengalami kesulitan dalam mengisinya.
Sebenarnya jikalau kita membaca panduannya, disana sudah dijelaskan bagaimana proses pengisian Kolom Kompetensi tersebut. berikut aku rangkum mengambil dari panduan dan enjelasan rekan-rekan sejawat yang berkompeten.
Kompetensi guru mempunyai tujuan untuk mengetahui kompetensi utama seorang guru. Di sekolah terdapat guru yang mengajar lebih dari satu mata pelajaran. Data ini memperlihatkan bidang studi yang menjadi kompetensi utama guru tersebut. Fitur ini ditambahkan pada ketika pengguna menambahkan data kompetensi (bidang SDM) pada tabulasi rincian guru, maka akan dicek secara otomatis dari isian riwayat sertifikasi. Jika data kompetensi belum terisi, dan riwayat sertifikasi sudah terisi, maka aplikasi akan menawarkan pilihan untuk menyalin data dari tabulasi riwayat sertifikasi secara otomatis.
Tabel ini untuk melengkapi data bidang studi yang diajarkan oleh PTK yang berprofesi sebagai guru, dengan memperhatikan tingkat kompetensi pada masing-masing bidang studi yang diajarkan. Secara otomatis, tabel ini akan diisi sesuai data pada tabel Riwayat Sertifikasi maupun Riwayat Pendidikan Formal. Selain itu, sanggup pula ditambah secara manual. Data yang ditambahkan sanggup lebih dari satu bidang kompetensi, namun salah satunya haruslah kompetensi utama.

Kompetensi :
Bidang studi yang diajarkan oleh PTK.
Urutan bidang studi yang diajarkan oleh PTK. Kolom ini untuk memilih bidang studi utama atau bukan, tingkat prioritas, maupun tingkat kompetensi penguasaan PTK terhadap bidang studi terkait. Isikan angka 1 pada kolom Urutan apabila mata pelajaran terkait ialah mata pelajaran utama yang diajarkan oleh PTK.

Untuk guru yang sudah sertifikasi, maka secara Otomatis akan terisi sesuai bidang studi sertifikasinya ketika kita meng-klik sajian tambah.
Untuk guru yang belum sertifikasi, data diambil dari Riwayat pendidikan Formal PTK tersebut.

Contoh :
1) Guru A Berstatus PNS Bersertifikasi Guru Kelas SD, dan lulusan S1 SGO. Maka Pengisiannya sanggup menyerupai ini. Pastikan yang paling atas atau nomor 1 mengacu ke bidang studi sertifikasinya yaitu guru kelas dengan urutan 1. Dan dibawahnya sanggup dipilih mata pelajaran Olah raga (Sesuai ijazah) dengan nomor urutan 2

2) Guru B bertatus Non Sertifikasi, dan lulusan S1 Bahasa Indonesia. Maka Pengisian di kolom Kompetensi, bidang studi dipilih mapel bahasa Indonesia

Makara dengan pola tersebut, aku rasa gampang untuk bapak/ibu sekalian pahami. dan jikalau masih mengalami kesulitan, silahkan berkoordinasi dengan Admin Dinas pendidikan setempat.

Terimakasih dan salam satu data
Admin_ ArifKurniawan28